Jumat, 18 April 2014

Hal Canggung di Sinetron Indonesia

Mungkin dari lo semua yang baca tulisan ini pada bertanya, apa itu sinetron ? Atau mungkin ada juga yang bertanya, TV itu apa ? Sinetron itu adalah sebuah acara di Televisi yang menampilkan adegan yang menurut gue ceritanya nggak jelas. Mau dibilang bagus, nggak juga. Mau dibilang jelek, kasian produsernya.

Oke, kembali ke topik awal. Jujur yah, gue dulu suka nonton nih film. Mengapa lo sekarang nggak suka padahal dulu demen peb ? Karenaaa .......
*mikir sampe kiamat. 
Gue dulu suka karena gue terpaksa nonton, karena dulu gue suka nonton naruto di GL*B*L TV, sedangkan kakak gue sukanya nonton di RCT* , maka dengan berat hati gue mengalah. Tapi, semenjak gue mengetahui dari beberapa sumber bahwa Sinetron itu dapat membuat otak menjadi menciut dan akhirnya habis, maka gue putusin buat membenci acara TV tersebut. *nangis. Gue juga menemukan hal yang super canggung yang terdapat didalam Sinetron : 

1. Muka dan Raut Wajah
Kalo di filem holiwut, ekspresi dan keadaannya pas banget. Kalo saat sedih, ya sedih. Kalo saat yang tegang, ya mukanya harus tegang. Beda kalo sama sinetron Indonesia. Disaat sedih, pemerannya malah ada yang senang, terus berpesta dirumahnya. Disaat tegang, pemeran utama malah dibunuh dan filmnya tamat. Horeeee.

2. Ngomong didalam hati
Sebenarnya ini memang bukan hal yang misterius yang terjadi di sinetron. Kebanyakan yang terjadi adalah kita berpikir, ngomong dalam hati, nggak ada yang tau apa yang kita omongkan. Tapi tidak untuk sinetron, orangnya berpikir, ngomong dalam hati, terus omongannya dibaca penonton terus emak2 berteriak histeris "Jangan lakukaann ituuu begoooo."

3. Waktu Lahir, ketukar
Ini yang kebanyakan terjadi di sinetron Indonesia. Waktu melahirkan, terus si suster nggak tau kalo itu anaknya. Terus si suster memberikan anak orang lain yang nanti besarnya nggak akan mirip dia. Sebenarnya anak yang dikasih suster tersebut adalah anak orang miskin, lalu yang ketukar tadi adalah anak orang kaya raya. Waktu gedenya yang anak orang kaya tersebut mengetahui bahwa dia adalah anak orang kaya. Lalu dia berpelukan.

4. Sebelum di Tabrak, teriak dulu
Ini adalah sebuah tragedi yang misterius didunia persinetronan. Bukannya malah lari, malah teriak dulu sebelum ketabrak. Dan lukanya juga misterius bro. Yang kena perut, terus yang berdarah jidatnya. Sungguh misterius.

5. Tokoh yang baik dan lemah
Ini yang gue favoritkan. Ada seorang tokoh protagonis, yang baiiikkk banget. Saking baiknya, ia di Bully beberapa kalipun tetap sabar dan berdoa agar orang tersebut dimaafkan. Padahal didalem hatinya, dia bilang gini "Kampret nih orang. gue nggak ngapa2in dipukul, gue sumpahin lo supaya muka lo mirip pantat naga."

6. Ijab Qabul, batal
Yang terjadi adalah seseorang yang mencintai seseorang yang mencintai dia, tapi dia terpaksa mencintai orang yang tidak dicintainya karena alasan orang tuanya. Terus cowok yang menikahi cewek itu tersenyum jahat didepan saksi. Disaat ijab qabul, tiba2 cowok yang mencintai cewek tersebut datang dengan berlumuran darah keringat sambil ngos2an. Terus disaat penghulu bertanya "Sah?" terus saksi bilang sah. Lalu penghulu berkata "Alhamdu...." terus cowok itu berteriak "Hentikaann, ini tidak sah." Lalu kedua sejoli itupun berpelukan. Dramastis sekali.

7. Ada tokoh yang pura2 BAIK
Ada tokoh yang namanya Protagonis, Antagonis, Tirtagonis. Gue nggak tau bakalan nyebut tokoh ini apaan. Disisi lain, dia baik. Disisi lainnya dia jahat. Oke, menurut gue itu adalah tragedi yang luar biasa yang terjadi pada sinetron. Tokoh ini biasanya muncul sifat baik karena adanya orang yang disayanginya, lalu sifat jahatnya muncul ketika orang yang dibencinya berdiam dirumah sakit.

8. Mobil Nabrak Pohon, Nggak Penyok
Apa yang lo pikirkan saat nabrak, tetapi nggak penyok sama sekali. Gue sih berpikir itu adalah pohon yang gaib, kalau ditabrak, cuma asap menggembul tapi tidak ketabrak. Atau mobil tersebut dipasang metarial yang anti tabrakan. Jadi didalam dunia nyata coba ditiru pada mobil lo.  Nggk tau juga sih resikonya.

Menurut gue, itulah 7 Hal Canggung yang ada di Sinetron Indonesia. Semoga lo bisa tobat menonton yang ginian supaya nggak merusak otak lo yah. Gue doain semoga lo bebas dari kecanduan menonton sinetron. Akhirnya Wassalamu'alaikum Wr. Wb


2 komentar:

  1. Ya gitu sinetron-sinetron. Endingnya mudah banget dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh2 hari aja kita udah bisa tau endingnya gmana. Bener kagak ?

      Hapus

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik