Jumat, 18 Juli 2014

Amalan-Amalan Mainstream Di Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Mumpung ini masih di bulan suci Ramadhan, gue mau coba membahas Amalan-Amalan Mainstream Di Bulan Ramadhan, walaupun sisa 9 hari lagi sih. Naahh, sebelum itu, gue mau meminta maaf kepada pak Ustadz yang (rela) baca postingan gue ini, kalo ada yang salah mohon kritikannya ya pak.

Di bulan Ramadhan hendaklah kita meningkatkan amal ibadah kita. Lo bayangin deh setiap kita melakukan amal ibadah, baik Wajib maupun Sunnah, itu nggak dicatet oleh Malaikat di sebelah Kanan lo, tapi langsung dicatet oleh Allah SWT. Bisa bayangin kan betapa hebatnya bulan Ramadhan.

Keistimewaan lain adalah do'a lo bakalan dikabulin oleh Allah SWT broh, terutama waktu mau buka puasa. Nggak ada penghalangnya. Buat lo yang jones (gue juga termasuk sih), tapi belum dapet jodoh,
nih bisa berdo'a kepada Allah SWT. Tapi ya itu, lo harus beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, jaga sholat wajib, akhlak mulia. Percuma kalo lo do'a minta jodoh, tapi sering nonton bokep, kebanyakan maki daripada ngomong lembut. Nggak tau sih itu diterima atau nggak. Makanya gue nggak berani nentuin itu diterima atau nggak, silahkan hubungi Ustadz yang lebih dikenal :)

Naahh, banyak kok amalan-amalan yang bisa lo lakuin di bulan suci ini. Dan pahalanya nggak nanggung2 vroh. Mulai dari sini gue membahas Amalan-Amalan Mainstream Di Bulan Ramadhan :

1. Berpuasa (Shiyam)
Nggak usah gue kasih tau apa definisinya pasti udah tau. Dan semua syarat dan ketentuan dalam berpuasa sudah tau semua kan. Banyak yang keliru tentang berpuasa. Kebanyakan mereka berpikir kalo puasa itu cuma menahan lapar dan dahaga. Tapi sebenarnya kita juga berpuasa menjaga pandangan, lisan, perbuatan kita. Bahkan ada temen gue yang berpuasa, tapi siangnya godain tante-tante. Percuma vroh. Lo cuma dapet lapar dan dahaga, nggak dapet pahalanya. Yuk berubah yuk.




2. Shalat Tarawih
Kalo logat Pontianak sih, Sholat Teraweh. Kalo gue seringnya jadi makmum di surau didekat rumah gue ataupun di sekolah gue. Soalnya rakaatnya sedikikt, cuma 8 rakaat Tarawih, 3 rakaat Witir. Yaelaahh, namanya juga anak mudah broh. Bahahahahaha. Nggak tau didaerah lo masing2 yah. Nah, ini nih amalan ibadah yang khas banget di bulan Ramadhan selain berpuasa. Bahkan Rasulullah saw pernah merasa khawatir karena takut shalat tarawih dianggap menjadi shalat wajib karena semakin hari semakin banyak yang ikut shalat berjamaah di masjid sehingga beliau akhirnya melaksanakan shalat tarawih sendiri di rumah. Itu gue dapet info dari artikel di Gugel.

3. Membaca Al Qur'an (Tilawah)
Gue ada tips nih buat lo semua yang ingin mengkhatamkan Qur'an dalam bulan Ramadhan ini. Kan Al Qur'an itu terdiri dari 600 halaman atau lebih dalam sebulan kan ? Nah, lo bagi itu menjadi 30 hari, jadi sisa 20 halaman atau lebih setiap hari. Kalo lo sholat 5 waktu, lo bagi deh tuh, jadinya sisa 4 halaman. Naahh, sebelum sholat lo baca 2 halaman atau 1 lembar Al Qur'an, sesudah sholat juga begitu. Untuk yang kurangnya, kan itu Juz ke-30, itu semua berisi Surah-Surah pendek. Lo kan udah hafal, nahh, tinggal dilanjutin aja sampai selesai. In Shaa Allah lo Khatam Al-Qur'an dalam sebulan. Kalo mau lebih, itu malah lebih bagus broh.

4. Zakat Fitrah
Nih yah, gue kasih tau ke lo semua. Kalo lo nggak bayar Zakat Fitrah, lo bakal dikecam sebagai orang yang mengambil hak anak yatim dan fakir miskin. Itu jauh lebih kejam daripada lo nyopet iPhone 5s orang tajir. Jadi, lebih baik lo nyolong orang tajir aja deh. Bahahaha. Canda vroh. Zakat Fitrah ini dibayar sebelum bulan Ramadhan berakhir, mau laki atau cewek, mau bocah maupun tua bangka, itu semua wajib bayar vroh. Tujuannya untuk menyucikan harta kita yang telah kotor dan membantu anak yatim dan juga fakir miskin.

Itulah beberapa Amalan-Amalan yang sering kita lakukan di bulan suci Ramadhan. Semoga kita dapat berkah di Bulan yang suci dan penuh rahmat ini. Dan semoga amal ibadah kita selama di bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT dan dipertemukan kembali pada tahun selanjutnya. Aamiin.

Oh iya, satu lagi. Kalo mau di bagikan, bagikan aja yah. Semau-mau kalian aja lah mau lo bilang dari gue atau nggak terserah deh. Yang penting kita berbagi ilmu.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

6 komentar:

  1. Terimakasih udah mengingatkan salah satu do'a yang makbul. Semoga entar maghrib inget buat dipraktekin :)

    BalasHapus
  2. bagus nih :)
    tapi kok telat postingnya? Harusnya sebelum/awal puasa..
    Tapi gapapa, selanjutnya posting lailatul qadar aja.. ini udah 10 malam terakhir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih banyak atas masukannya sist. Saya sedang berusaha membuat postingannya. In Shaa Allah selesai berbuka akan saya publikasikan :)

      Hapus
  3. Ngabuburit penting juga tuh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencananya memang mau masukkin yang itu sob, tapi banyak yang menyalah artikan arti dari ngabuburit itu sendiri

      Hapus

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik