Senin, 15 Juni 2015

Persiapan Diri Menyongsong Ramadhan

Holaaaa.

Oh iya. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bukannya gue menyambut bulan puasa mendadak alim, tetapi apa salahnya sih gue berbagi sedikit pengalaman. Naaahh kali ini gue mau berbagi pengalaman nih tentang persiapan diri menuju bulan puasa.

Kan puasa sebentar lagi nih. Ada yang mulai puasanya lusa, ada juga yang 3 hari kedepan. Gue mah ngikut orang tua gue aja dah. Bisa berabe kalo gue nggak ngikut apa kata orang tua. Bisa dipecat ntar gue jadi anak, terus nggak dikasih duit jajan lalu diusir dan ditelantarin di tepi jalan.


Naahh, yang jadi masalahnya nih, setelah kita berbuat maksiat yang terhitung bejibun jumlahnya, apakah kita masih nggak sadar apa yang kita lakuin ? Berapa kali lo c*li dan nonton b*kep. Nyebut-nyebut nama kotor hanya untuk menjadi kepuasan pribadi lo ? Ayolaahh. Coba kek sadar dikit. Allah SWT Maha Pengasih dan Penyayang loh. Lo ngelakuin dosa yang kalo pake rumus kalkulus super rumit nggak bisa dihitung aja Allah masih mau maafin lo.

Tapi nggak bisa secepat itu berubahnya. Mumpung mau bulan puasa nih, kita latih lah diri kita. Banyak kok caranya. Seperti yang akan gue jelasin dibawah ini :

1. Memperbaiki Bacaan Qur'an

Gue yakin, kalian yang baca tulisan ini pasti bisa baca Al-Qur'an khususnya bagi yang muslim. Tapi nggak semua yang baca Qur'an bisa lancar membaca Qur'an. Rada-rada nggak enak gitu dengernya. Coba aja kalo lancar, beuuhhh, calon mertua bakalan merestui hubungan kalian. Percaya dah kata gue.

2. Belajar Mengendalikan Lidah

Mulutmu Harimau-mu. Pepatah tersebut emang bener. Apalagi mengingat kita ini masih muda dan masih terbilang labil, kita masih terbilang susah untuk mengendalikan lidah kita sendiri. Jujur aja, gue masih sering ngucapin kata-kata kotor. Tapi gini, kata kotor itu bukan buat menghina orang, tapi emang kebiasaan terhadap temen sendiri. Ngerti nggak ? Tapi walaupun gitu, kita harus tetap waspada terhadap lidah sendiri. Apalagi sebentar lagi bulan puasa, dan apabila kita nggak menjaganya, pahalanya akan sia-sia loh.

3. Mencari Ilmu

Ilmu nggak hanya dicari disekolah atau di kampus saja. Banyak kok tempat yang nyediain gudang ilmu. Apalagi ilmu agama. Mau itu Islam, Kristen, Protestan, Budha, Hindu, dll datang aja ke tempat ibadah masing-masing. Apalagi kita sebagai muslim. Pasti gratis tuh. Di mesjid-mesjid gede pasti nyediain tempat untuk baca-baca buku Islam dan kalo beruntung, kita juga bisa dengerin tausyiah dari pak ustadz. Apa salahnya kalo bulan puasa kita tetap mencari ilmu.

4. Kejar Ibadah, Tinggalkan Dosa

Nah, ini yang penting nih. Buat kalian yang udah kebanyakan c*li dan nonton b*kep :v , ada baiknya kalian tinggalin dah itu semua menjelang bulan puasa. Bukannya apa, ntar kalo lo abis ngelakuin itu dan lupa mandi wajib, puasa lu nggak sah bang. Sia-sia dah puasa lo. Sebulan aja dah ditahan. Bisa kok. Kalo emang gak bisa tahan, lo isi kek waktu luang lo dengan ibadah atau kegiatan positif lainnya. Dijamin sampe selesai Ramadhan pun, lo bisa tahan.

5. Jaga Kesehatan

Ini juga nggak kalah penting nih. Lo nggak bisa puasa kalo sakit. Emang boleh sih, tapi lebih asik kalo puasa Ramadhan di bulan Ramadhan itu sendiri tanpa harus dibayar dibulan lainnya. Makanlah secara teratur dan jaga asupan gizi lo. Rajin olahraga. Banyakin minum air putih, kurangi minuman manis. Ntar lo kena diabetes tua-tua baru tau rasa. Hahaha.

Nah, sekian adalah beberapa Tips dari gue selama menjelang bulan puasa. Masalah tentang harus banyak-banyak makan dari sekarang, mungkin itu nggak terlalu ngaruh selama bulan puasa. Ntar juga bakalan keluar lagi. Hahaha.

Sekian dari gue.

Marhaban Ya Ramadhan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2 komentar:

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik