Kamis, 20 Februari 2014

Tips & Tutorial Mencontek dengan Baik dan Benar

Kalian yang masih sekolah siapa sih yang mau nilai jelek ? Selain lo kena jurus aungan singa dari guru lo, lo juga kena kedua kalinya sama orang tua lo dan itu bakalan jauh lebih parah. Siapa sih siswa/i SMA yang nggak tau arti kata CONTEK ? Lalu, siapa sih manusia yang nggak pernah mencontek ? kata guru gue, kalo orang yang bilang nggak pernah nyontek itu "MUNAFIK", Nggak mungkin baru lahir langsung *plek jadi orang hebat."


Nyontek adalah perbuatan seseorang untuk meraih nilai yang tinggi dan instan yang melibatkan teman terdekat dari bangku untuk melihat hasilnya dan akan mendapatkan nilai yang memuaskan bagi pribadi,
orang tua, guru, maupun teman.


Kata guru gue juga, kalo sesama teman itu harus berbagi satu sama lain. Biar nilai rata2 kelas lo tertinggi disekolah. Kan bangga tuh kalo nilai rata2 tertinggi di satu sekolah. Tapi jangan bilang "Wooy, kelas gue dapet nilai rata2 tertinggi lho diantara semua kelas, dan hasilnya dari contekan lagi. Keren kan?" Kalo lo bilang begitu sementara guru lo dibelakang lo, siapin aja pemakaman untuk lo sendiri. Lo bakalan dibunuh mungkin sama guru lo.

Makanya, jadi temen itu jangan terlalu pelit sama jawaban waktu ulangan. Lo nggak bakalan punya teman kalo begitu caranya. Temen lo itu hanya sesama jenis lo, guru, dan buku yang lo cium2 itu. Gue sih nggak pelit yah, malah gue yang minta contekan (jujur kan gue?) sama teman gue. Gue duduk disamping orang yang pinternya nggak tertolong. Dan lo tau susahnya gmana saat mencontek jawaban dia ?
-Mata gue udah gue kasih efek zoom 250%, masih juga nggak bisa dilihat.
-Mata udah diputer hampir 90 derajat, kalo kelamaan, gue bisa jadi juling.
-Kemampuan aktor gue nggak berguna buat dia.

Jadi intinya, kalo lo mau nyontek dia, lo hanya bisa berdo'a supaya dia membuka contekannya secara tidak sengaja. Gue sih jarang minta jawaban ke dia, karena gue lumayan pinter (lo bakalan pingsan kalo ngeliat nilai rapot gue) makanya gue jarang. Gue minta jawaban ke dia cuma 3 kali waktu ulangan. Ulangan Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sejarah Indonesia, sisanya gue pasrah dan melihat kotak atau lingkarang jawaban yang kira2 bercahaya, baru gue isi tuh lembar jawaban.

Nah, dari pengalaman gue tersebut, gue dapat menyimpulkan, bahwa kita sangatlah menggantungkan nilai kita pada seberapa jauh skill kita dalam mencontek. Mencontek itu ada tiga macam :
-Nyontek pake bahan dari rumah
-Nyontek diam2 ke teman terdekat
-Kerjasama

      Dan gue disini sebagai orang yang professional banget dalam hal mencontek, gue bakalan bagi2in ke lo Tutorial dan Tips Mencontek dahulu :

1. Siapkan Bahan Contekan lo di Malam Sebelum Ujian
Lo nggak mau kan pas lo melakukan 'Aksi' lo nggak ada bahan buat beraksi ? Nyontek nggak pake bahan itu rasanya seperti makan nasi putih, terus nggak pake lauk dan sayur. Lo harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu untuk bisa melakukan aksi ini. Kalo nggak, apa yang mau dilihat ? Selain nggak dapat apa2, lo hanya dapat hadiah dari guru lo. DIGAMPAR.

2. Berdo'a sebelum melakukan aksi
Selain lo udah kerja keras mendapatkan bahan yang mau dilihat, lo juga harus meminta kepada Tuhan lo supaya aksi rahasia ini berhasil dengan sukses dan hasil yang memuaskan. Nggak bakalan bisa lo udah kerja keras, tapi nggak minta pertolongan kepada Tuhan lo. Bener nggak ? Gue aja berdo'a dulu *disambar petir*

3. Membuat Perjanjian dengan Temen lo
Jangan asal liat dulu sob. Sebelum bel berbunyi *teengg* lo harus membuat perjanjian dengan teman lo. Nggak mau kan kalo lo lagi menikmati rasanya mencontek saat ulangan tiba-tiba ada yang bilang "Pak, ada yang nyontek noh, dia lagi ngeliat kertas." Beruntung kalo pengawas ujian lo baik hati. Kalo gurunya killer ? Habis Masa Hidupmu Nak.

4. Jangan melakukan yang aneh-aneh
Kalo lo melakukan hal yang aneh-aneh, pengawas bakal ngelirik lo dan nyamperin lo. Kalo udah ketahuan, dan terus dia nanya "Kamu mengapa gitu2?" , jawab aja "Saya gelisah pak, dirumah saya ada zombie, ntar dia makan otak keluarga saya, terus saya ngapain pak *sambil menjerit* ??" Ntar tuh pengawas luluh hatinya, terus lo disuruh cepat-cepat ngerjain tugas dengan melihat contekan, terus lo pulang deh dengan hati yang riang gembira. Yiiihhaaaaaaaa *percaya deh ama gue*

5. Jangan Sampai ada kertas di laci meja.
Lo nggak tau rasanya pas nggak ada niat buat nyontek, terus pengawas yang 'Bermata Elang' dapat melihat kalo ada benda putih nongol dilaci meja kita (ternyata pocong mini), lo nggak tau betapa kampretnya ketahuan ada kertas padahal lo nggak ada liat sama sekali. Terus dipanggil keruang BK pula. Yang ini pengalaman gue sih -_-

6. Melakukan dengan Hati-hati
Jangan melakukannya dengan jantung-jantung, ntar lo kena serangan jantung pas lo ngeliat kertas contekan ternyata dibelakang lo udah ada pengawas yang memberi senyum manis sesaat ke lo. Dalam mencontek itu harus hati2, kalo sembrono, lo bakal ketahuan pengawas dan temen lo yang suka ngadu.

7. Jangan Melakukan Hal yang berbau diam-diam
Kalo lo melakukan sesuatu dengan diam-diam, bukannya tenang, malah jadi gelisah. Karena dengan melakukan hal yang mencurigakan seperti mencontek diam-diam, lo bakalan dilirik oleh pengawas ujian. Nggak mau kan lo di gampar lagi ?

7. Selesai dengan Hati-hati
Selain melakukan dengan hati2 dan teliti, lo juga harus selesai dengan hati2. Karena apa ? karena kalo lo melakukan hal yang mencurigakan setelah ujian selesai, lo bakalan ditikam juga sama guru lo. Jangan melakukan hal2 yang buat tenar dikelas seperti bilang "Woy, 15 tuh B kan? soalnya tadi gue ngeliat catatan gue." sambil teriak2 dikelas sementara pengawas masih didalam ruangan.

Itu baru dengan contekan dari rumah. Kalo emang tips di atas nggak berhasil, berarti lo salah persepsi sob. Gue udah berpengalaman banget kalo soal2 gini. Walaupun sering ketahuan sih -_-v

      Sekarang gilirannya Nyontek Diam2 ke Teman terdekat :

1. Persiapin Mental
Mental lo harus dipersiapin dulu sob. Siapa tau teman sebelah lo nggak mau diajak kerjasama. Ntar kalo lo lagi asiknya nyontek dia, terus dia pura2 gak tau, setelah itu di teriak2 sambil bilang ke pengawas killer kalo lo nyontek dia. Kalo guru yang baik hati sih terserah dia mau teriak sampe tenggorokkannya lepas. Tapi kalo guru killer, ngomong biasa aja tenggorokan lo yang bisa lepas

2. Menggunakan Skill yang ada
Lo udah baca postingan gue yang judulnya Skill yang Muncul ketika sedang Mencontek kan ? Naah, disini lo bisa nunjukin skill mencontek yang maha dahsyat itu.

     Dah itu doang. Nggak kayak yang sebelumnya yang banyak dan susah dikerjain. Kalo yang ini mah lo cuma siapin mental aja. Kalo lo mau nambah2in ya tambahin aja, tapi gue nggak nanggung lo bakalin diapakan sama guru BK lo. Naahh, sekarang ini yang paling gue favoritin didalem kelas, yaitu Kerjasama :

1. Negosiasi dengan Teman Sekelas
Dalam melakukan ini, lo harus bisa meyakinkan ke teman sekelas lo kalo cara ini aman dan nggak ada yang ngasih tau ke pengawas. Agar lebih mulus lagi, kerjasama aja suruh gurunya keluar supaya nggak ngawas kita. Benar kan ??

2. Mempunyai Skill Mencontek yang Hebat
Kalo lo punya skill yang bagus dalam mencontek, ditambah lagi lo udah berpengalaman, lo bakalan berhasil dalam hal ini. Kerjasama merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan nilai yang bagus, juga dapat mempererat tali silaturahmi antar pencontek.

Naahh, mudah kan cara kerjasamanya ?

Gmana tips dari gue ? keren nggak buat anak sekolahan ? tetapi kalo terjadi iritasi pada badanmu (baca : disiksa guru killer), maka pilihanmu ada 2 : berjuang terus, atau menyerah. Itu terserah lo. Kalo lo emang berjiwa Pencontektisme, lo bakalan berjuang terus, kalo lo emang culun mah, yah menyerah aja. Kalo lo tanya gue gue milih apa , gue bakalan milih menyerah. Karena gue jarang ketahuan dan disiksa guru killer lho. Gak deh, sebenarnya mencontek itu gak baik lho buat pelajar (walaupun gue sering sih). Udah, sekian dari gue, SELAMAT PENCONTEK.

Oh iya, 1 lagi. Postingan ini jangan sampe terbaca oleh guru lo/

5 komentar:

  1. Ini menurut gue standart. Karena gue punya cara mencontek yang lebih kerennn dari ini. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang sob. Walaupun caranya standard, tapi skill yang postingan sebelumnya masih ada. Coba deh baca.

      Hapus
  2. Adik-adik jangan ditiru ya. Haha. Tapi nyontekpun nggak menjamin nilai bagus ataupun lulus XD so be yourself aja deh kalau gue, kalau gue lho ya.

    BalasHapus
  3. makasih buat tipsnya gan,,
    sangat membantu,,,
    thank's buat infonya,,

    BalasHapus

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik