Senin, 19 Mei 2014

7 Mitos Masa Kecil yang terdengar Aneh

Masa kecil memang masa yang indah bagi kita. Semua yang kita dengar langsung kita terapkan dan tanpa pikir panjang langsung mempraktekannya. Tapi bagaimana dengan mitos yang sering dikatakan oleh orang yang lebih tua ataupun sepantaran dari kita ketika masih kecil ? Mitos yang dikatakan oleh orang kebanyakan mungkin masuk akal ketika kita masih kecil, tapi mengingatnya sekarang mungkin membuat kita senyum 4,5 jari. Nih mitos yang aneh sekaligus menyedihkan versi gue :


1. Nasi Menangis
"Nak, Nasinya dihabisin yah. Kalo nggak dihabisin ntar nasinya nangis." Pernah mendengar kata-kata tersebut ? Mungkin sebagian dari kita sangat familiar dengan kata tersebut. Biasanya sih yang ngomong Emak kita. Entah apa yang menjadi dasar dari mitos tersebut sehingga kita sekarang masih heran, apakah benar nasi bisa menangis ? Atau kalo mereka nggak dimakan berhari-hari mungkin udah menjerit sampe suaranya ke tetangga sebelah.

2. Mandi Pake Baju
"Ehh, jangan mandi pake baju. Ntar Orang Tua mengalami kecelakaan." Yah, begitulah orang-orang bilang. Biasanya yang mengatakan hal tersebut adalah nenek atau teman kita waktu kecil. Benar-benar nggak ada hubungannya. Nggak mungkin kan kalo kita baru mau ngangkat baju kita terus orang tua kita ketabrak semut ? Tapi apa sih yang nggak mungkin didunia ini ?

3. Puasa Bisa Batal
"Hahaha, si Mpeb nangis. Ntar Puasa lo batal lho." Kata-kata yang sangat menyedihkan bagi kita. Ada satu teman gue pernah mengalami hal tersebut. Disaat kami hari pertama puasa Ramadhan dan selesai sholat Shubuh berjamaah, kami main. Tapi salahsatu teman gue buat rusuh. Terus teman yang lain musuhi dia dengan lemparin batu. cukup seimbang sih, 1 vs 7. Ya, sangat seimbang. Disaat temen gue tersebut nangis, temen2 gue yang lain neriakin dia kencang2. "HAHAHA, SI ANU NANGIS. PUASANYA BATAL LHO." Lalu dia makin menjerit.

4. Bisa Cacingan
"Jangan makan kelapa parut banyak2, ntar bisa cacingan." Gue bingung dengan perkataan ini, apakah ketika kelapa diparut, cacingnya pada tumbuh dan berkembang. Gue ada pertanyaan yang absurd (banget) "Apakah jika kita meminum es kelapa muda dan kita makan kelapanya juga, cacing yang masuk akan segede jempol kaki ?"

5. Bulu Mata Rontok
"Ciyeee, ada yang kangen. Bulu mata lo rontok tuh." Ini mah biasa yang bilang anak kecil sepantaran kita dulu. Katanya sih kalo bulu mata kita rontok, ada yang kangen sama kita. Nggak tau deh untuk bulu ketek yang rontok, mungkin yang kangen om-om senang.

6. Ada Titik Putih di Kuku
"Wiihhh, hebat lo. Ada yang suka sama lo. Tuh ada titik putih di Kuku Lo." Sama seperti yang diatas, ini juga biasa dikatakan oleh anak kecil. Gue nggak tau apa motivasi mereka mengatakan kalo ini adalah sebuah mukjizat buat gue. Gue tetap santai mendengarnya karena gue tau kalo gue emang banyak yang suka. Tapi yang gue katain itu TITIK PUTIH yah. Kalo TITIK HITAM mungkin upil lo yang jatuh ke kuku lo.

7. Pake Baju Merah Kesambar Petir
"Mampus lo, bakalan kesambar petir. Lo pake baju merah sih." Jujur, gue ingusan dengar kata-kata itu. Kata2 yang membuat gue sampe kelas 1 SMP nggak berani pake baju merah. Entah dapat mitos darimana, kalo pake baju merah itu bakalan kesambar petir. Tapi satu yang gue bingung, kenapa pohon yang tinggi kesambar petir juga ? apakah mereka juga memakai baju warna merah ? nggak deh kayaknya.


Intinya, kita harus mempercayai apa yang dikatakan oleh orang yang lebih tua dari kita. Benar atau nggak nya itu urusan belakangan. Yang penting kita menunjukkan sikap sopan santun kita ketika mendengarkan omongan dari orang yang lebih tua. Tidak ada salahnya mendengar kan ? Siapa tau itu akan menjadi kenyataan dihari kemudian ? Kita nggak tau takdir Tuhan gmana.
Sorry gue cuma beri sedikit. Hahaha
Thanks udah membaca.

1 komentar:

  1. itu yang nomer satu dipakek buat anak yang suka berimajinasi, kalo disuruh pakek logika gak bakal nurut. Ortu takud nasinya mubazir . just IMO :D

    BalasHapus

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik