Selasa, 21 Januari 2014

BIG CAMP

Haaii, gmana kabarnya ? gue udah lama nggak nge-blog nih, karena ada urusan yang sangat penting dan sangat menyenangkan bagi anak sekolah gue. Yaitu BIG CAMP yang diadakan oleh Pramuka Vidya Dharma, SMA 1 Pontianak. Gmana ? kangen nggak sama gue ? yang pasti enggak ada yang kangen kan ? gue emang ngenes. Hahahaha (kok gue ketawa?)

Naaa, di postingan baru gue nih, gue bakalan ngeritain pengalaman gue mengikuti BIG CAMP di Anjungan. Tuh acara benar2 luar biasa serunya. Mungkin kalo ngelupainnya perlu salto , udah itu joget2 di udara. Nggak mungkin kan ? Iya, sama. Gue juga nggak mungkin bisa ngelupain tuh acara. Gue benar-benar pengen lagi ngikutin Big Camp lagi. Oke gue ceritain ya...


HARI PERTAMA. MINGGU 12 JANUARI 2014

Awalnya sih gue males banget ngikut acara sampe nginap2 segala. Gue kan anak rumahan. Lagipula gue juga nggak bisa jauh dari keluarga. Karena desakan sekolah yang mewajibkan siswa ikut BIG CAMP dan Sugesti guru kalo big camp itu asik, gue mau nyoba-nyoba juga. Sekitar jam set 5, gue bangun buat sholat Shubuh, sekalian meminta pertolongan kepada yang diatas supaya diberi keselamatan di acara Big Camp. Sesudah sholat, gue cek lagi barang-barang yang gue mau masukkin kedalam ransel. Dan ternyata memang ada yang ketinggalan, otak gue ketinggalan di lemari gue. Untung gue ingat. Selanjutnya, gue siap2 berangkat dengan muka yang senyum nggak karuan, gue diantar bapak gue kesekolah. Melakukan registrasi, dan nemuin makhluk, yaitu Kavling 5, Kavling 5 itu maksudnya kelompok 5. Keselnya, kavling lain punya anggota sekitar 10-12 orang, gue ?? 7 orang doang dengan beranggotakan Bimmo, Imam, Ajay, Azam, Ilyas, Richard, dan gue. Gue juga nggak yakin bisa ngikut atau nggak. Pertama gue ngira kalo tidur ber-7 orang itu enak dan lempong, kedua, dengan 7 orang, gmana bisa ngikut kegiatan disana yang kegiatannya bejibun.

Selanjutnya upacara dimulai. Dan upacara pun berlangsung dengan khidmat (gue nggak tau nulisnya gmana), walaupun kavling gue lumayan ribut sih. Lumayan ribut pula. Beginilah keadaannya.


Yang paling depan itu temen gue. Yang mewakilin pembagian lencana buat Big Camp.

Dan selanjutnya, petualangan dimulai. Kami naik Bis menuju Anjungan. Gue kira bisnya enak, ada AC nya, terus luas. Ternyata, harapan tak sesuai kenyataan. Bis yang gue naikin ternyata sumpek banget. Bau keringat, ketek, parfum menjadi satu. Mungkin kalo gajah dewasa masuk ke Bis gue, mungkin udah mati duluan karena nyium baunya. Sempit pula, gue sampe berdiri bersama 2 orang penanggung jawab bis. Gue juga sempet tertidur sambil berdiri di bis. Lo nggak tau kan rasanya gmana ?? Kalo Bis cewek sih enak banget. Luas, biarpun nggak ada AC-nya sih.

Sampai di BPLPP di Anjungan, gue kira bisa langsung istirahat di Mess. Ternyata perlu nunggu barang bawaan dari Truk buat diangkut. Mana barang bawaan gue buanyak banget. Untung nggak terlalu lama gue gendong tuh ransel, bisa-bisa tinggi badan gue menurun drastis gara-gara itu. Belum capek nunggu, ternyata udah dimarahin senior disana karena lelet banget. Maklum capek. Lalu setelah sampai, kami dibawa kelapangan tennis disana buat meriksa barang kami. Udah ditengah jalan ngeluarin barang bawaan, ternyata disuruh masukkin lagi. Disuruh cepat pula. Udah itu malah disuruh push up, kalo nggak salah sih 15 kali doang. Gue sabar aja dan mengelus dada gue. Untung nggak ngelus dada cewek. Bener nggak ?

Selesai meriksa barang, gue dibawa ke Mess. Gue kira tempatnya enak, luas, dan ada AC-nya. Dan ternyata beda banget. Sempit, cuma ada kipas angin sebiji, dan kasur spring bed 2. Sementara kami bertujuh. Gue bersyukur sih kalo anggota kavling gue 7 orang, jadi nggak terlalu ribet ngurusnya. Nggak kayak kavling lain, ada yang sampe 12 orang. Gue nggak bisa ngebayangin sumpeknya kamar itu. Gue mulai meletakkan barang gue dilantai, dan kira-kira seperti inilah penampakannya.
Dan asal lo tau, tempatnya nggak seluas diatas. Cuma beralaskan lantai forslen yang dingin banget. Dan barangnya mungkin lebih berantakan dari itu. WC-nya jelek pula. Boker pun jadi nggak bergairah gara-gara WCnya kurang memuaskan.

Selanjutnya, ada acara masak-masak didepan ruangan mess. Gue dan semua anggota kavling gue nggak jago2 amat kalo soal masak. Yang paling jago palingan cuma masak air sampe garing. Gue memasak makanan yang terbuat dari bengkoang dan kornet. Nggak kebayangkan gmana ? Pertama kami memanaskan minyak buat goreng kornet, udah itu motong bengkuang kecil2. Terus masukkan kornet ke wajan, sambil diaduk, tambahkan saus dan kecap, abis itu masukkin masako dan bengkoang tadi. Abis itu diletakkin diatas piring ala kadarnya. Tampilan pertama sih oke. Awalnya saus dan kecap ditaburin disamping kornet tersebut. Ehh, malah kecampur. Akhirnya kami aduk semua. Alhasil, malah jadi mirip makanan kucing daripada makanan manusia. Dan kata senior gue, juri nggak ada yang mau nyicip masakan kami. Ya bagus deh, seenggaknya mereka nggak keracunan gara2 kami.

Selanjutnya sekitar jam set-8 sampe jam 9 gue ada ikutan lomba hasta karya. Kaya buat kerajinan gitu deh. Gue ber-3 (Gue, Imam, Richard) ikutan hasta karya, sementara temen gue ber-3 (Bimmo, Azam, Ilyas) juga ikut lomba LCT (Lomba Cerdas Tepat), katanya sih LCT materinya tentang pramuka semua. Untung gue nggak ikutan. Ngomong-ngomong dengan hasta karya, gue ber-3 cuma bermodalkan gunting, garpu, gelas, dan koran bekas. Sementara kavling lain peralatannya lengkap banget. Mulai deh gue motong2 koran kecil2, terus dimasukkin ke gelas yang udah ada airnya. Terus gmana ? gue nunggu tuh barang hancur sambil dipotong pake garpu, terus abis ancur, gue bentuk deh tuh koran bekas. Awalnya gue pikir gede hasilnya, ternyata kecil banget -_-, mungkin lebih kecil daripada kelingking gue. Dan kami juga awalnya mau buat pohon natal yang dipinggirnya dikasih hiasan tali rapia berwarna merah dan biru. Dan ternyata tidak berhasil. Talinya nggak melekat sama sekali. Lagipula korannya nggak berwarna hijau. Gue pikir lagi, dan ternyata dapat hasilnya. Gue ngeliat ada bekas koran yang berwarna hijau, terus gue lapisin deh tuh koran yang dibentuk jadi pohon pake kertas itu. Oke, pohon udah jadi. Batangnya gmana ? Kami minta stik eskrim sama kavling lain. Waktu hampir habis, sementara batangnya nggak bisa ditempel. Mampus. Gue paksain tuh stik supaya masuk dan ternyata jadi juga. Kamfret, ternyata gak bisa berdiri, hiasannya nggak ada pula. Sementara waktu sudah habis. Bukannya mirip pohon natal, malah mirip hiasan buat nakutin tikus dirumah. Masalah satunya lagi, kami harus mempresentasikan hasil jerih payah kami didepan juri dan audience yang ramai banget. Sumpah gue malu buat nunjukinnya. Untungnya temen gue Imam dan Richard dengan beraninya maju kedepan buat mempresentasikannya. Dan alhasil, mereka membuat audience dan juri ketawa. Nasib nasib.

Sehabis hasta karya dan LCT, kami diizinkan untuk tidur dan beristirahat. Kamfret, ternyata Bimmo suka jahilin kami waktu mau tidur. Kami jadi nggak bisa tidur, apalagi gue yang tidur disampingnya. Sering meluk-meluk gue pula waktu tidur. Katanya sih dia emang nggak bisa tidur tanpa bantal guling. Nggak tau sih itu beneran atau emang alasan buat meluk gue, mungkin dia gay -_-a . Lalu gue lari dari pelukan dia, terus merekomendasikan ngemil sebelum tidur, dan mereka menyetujuinya. Kami buka cemilan yang kami bawa dari rumah terus memakannya dengan diam-diam, karena ada senior yang berjaga diluar buat ngamanin kamar supaya nggak ribut. Senior juga nyuruh kami tidur saat itu juga, soalnya udah jam set-11 malam. Kami masih ngemil dan ngemil, sesekali temen gue ngintip dari jendela. Ternyata sebaik-baiknya gajah melompat, akhirnya ketahuan juga. Senior tau kalo kami belum tidur, dia berteriak supaya kami tidur dan lampu senter dinyalakan di ventilasi kamar kami. Kami pun tetap tidak tidur sampai jam 11 malam.

HARI KEDUA. SENIN 13 JANUARI 2014

Sialan, ternyata gara-gara si Bimmo ngejahilin, gue jadi kurang tidur. Ternyata jam 12 ada acara "Jerit Malam" dan acara itu ternyata memang dirahasiakan, makanya tidak ada didalam jadwal. Kami lalu disuruh pake baju lapangan (Kaos lengan panjang + Training + Sepatu), dan tidak lupa dengan tanda pengenal, soalnya kalo nggak pake tanda pengenal, disuruh push-up. Kami sempoyongan nyari baju yang mau dipakai karena ngantuk banget. Sampai ditempat, ternyata gue lupa bawa tanda pengenal, kamfret, gue harus balik lagi tanpa ketahuan kalo gue nggak bawa tanda pengenal. Gue pura-pura mau ke WC sambil nutup lengan tangan gue karena disitulah sebenarnya tempat ditempelinnya. Yess, nggak ketahuan. Gue dikasih waktu sekitar 2 menit ke WC sedangkan jaraknya jauuuhh banget.

Gue denger dari senior yang baik hatinya, ternyata jerit malam itu kegiatannya keliling hutan, sambil bawa sebatang lilin, terus dikagetin sama senior. Kata panitia, gue harus nyebutin "Malam" ke orang yang gue lewati. Kalo dia jawab "Kelam" berarti dia memang warga SMA 1. Kalo dia ngejawab lain atau nggak jawab, berarti dia bukan warga SMA 1. Kampretnya lagi, gue perlu nunggu lama banget nunggu giliran gue. Saking lamanya nunggu, gue sempat tertidur sebentar. Sampe sekitar jam setengah 3 malam, gue baru dapat giliran. Gue agak gugup sih, tapi ini saat yang gue tunggu-tunggu. Dengan berbekal lilin sebatang, gue mulai menjelajah hutan dengan seorang diri, nggak boleh bawa korek api, jadi kalo apinya padam, harus berjalan gelap2 sampe pos yang gue temuin. Gue sering terpeleset dan gagap-gagap nyari jalan. Gue nggak bisa bedain mana tanah dan mana lumpur. Lama kelamaan, kaki gue akhirnya kecebur dilumpur. Dan sialnya lagi, lilin gue mati. Untung dibelakang gue pas-pas-an ada Azam, lalu gue minta deh apinya. Sebenarnya sih nggak boleh, tapi lagi jauh dari panitia, gue boleh2in aja. Ahahahahaha. Gue ada juga ngelewatin sungai dan juga hampir jatuh kebawah (untung bukan jatuh keatas), kalo enggak, tamat riwayat hidup gue. Sampai di penginapan, gue cuci kaki dan pakaian gue yang kena lumpur sebentar. Dan coba istirahat. Baru nggak sampai 5 menit, gue dibangunkan senior buat sholat Shubuh. AAAAARRRGGGHHHH, gue ternyata tidur cuma setengah jam gara-gara Bimmo.

Acara selanjutnya adalah sarapan pagi. Dengan berjalan sempoyongan kayak orang lagi dimainin tante-tante, gue dari kamar menuju kantin dengan sangat terpaksa. Dengan memakan nasi kuning ala kadarnya, akhirnya perut gue terisi buat acara selanjutnya.

Terus, gue disuruh kelapangan buat siap-siap untuk acara "Penjelajahan", kayaknya sih acara ini menaiki bukit yang ada didekat penginapan dan keliling. Gue lagi santai-santainya dikamar bersama teman sekavling gue, ehh malah diteriakin buat kelapangan, ceritanya sih mau buat Yel-Yel yang emang udah disuruh sama panitia. Kami kalang kabut mencari pakaian pramuka kami dan menyiapkan yel-yel. Untung nggak disuruh ngeloncat dari tebing (terus apa hubungannya?). Dan dengan nada dari lagu Rasa Sayange, maka Yel-yel kami pun telah dibuat. Mau tau gmana ? Wani Piro :p .

Siapa yang tau
Siapa yang kavling lima
Kalau kalian kepo
Kami akan menjawabnya

Ada Bimmo ada Imam
ada Ajay ada Azam
ada Ilyas ada Richard
ada Vebri dan lainnya

Aslinya sebelas
empatnya telah gugur
tapi kami punya mental
tidak lekong kayak bencong

Noohh, kerenkan Yel-yel buatan kami ? Sebenarnya sih buatan Bimmo, yaahh, sebagai teman sejati jadinya gue ngaku-ngaku kalo itu punya bersama. Kami seangkatan berkumpul di lapangan untuk siap2 penjelajahan, terus disuruh nyanyiin yel-yel. Yaaa dengan berat hati kami menyanyikan hasil karya kami #ehm. Takutnya nanti kalo kami nyanyi terus mereka tersekima terus manggil produser terus kami jadi artis. Kami kan gak mau jadi orang yang terkenal, terus dimintai tanda tangan. Kalo jadi penyanyi solo sih oke, tapi kalo jadi boyband gmana ? Gmana nasib istri gue nanti ? Udaahh, jangan terbawa suasana sob, itu cuma khayalan. Kami menyanyikannya dengan khidmat dan penuh tanggung jawab. Ehh pas selesai malah ditertawain, nggak apa2 sih sebenarnya , daripada garing kriuk kriuk . Bener nggak ?

Penjelahan dimulai. Kami berangkat kira2 jam 9 atau set 10 gitu deh. Gilaaaa, semua yang ada di Jerit Malam, kelihatan semua. Jerit malam cuma dibekali lilin dan itu juga nggak padam, kalo ini kami dibekali cahaya matahari. Sumpaahh, pemandangannya keren abis. Gue nggak jadi berpikir kalo jerit malam itu kegiatan yang menyebalkan setelah melihat yang satu ini. Post nya juga asyik banget. Gue berulang kali dikerjain sama senior gue dibeberapa pos dan itu gue seneng juga bercampur kesel. Tapi yang menyebalkan dari kegiatan ini adalah gue harus lama menunggu kelompok lain selesai dari kegiatan pos. Gue sampe makan saking lamanya. Selain hutan yang hijau, gue juga nemuin beberapa sungai yang airnya mengalir, sekalinya masuk, beeuuuhhhh , segeerrr cuuuyyyyy....

kira2 seperti itulah salahsatu sungai yang gue kunjungi

Gue gak tau sampai ke penginapan jam berapa, yang pasti abis penjelajahan itu rasanya capek banget. Dengan baju yang basah dan kena lumpur dan juga sepatu yang basah, gue langsung ke kamar mandi buat mandi (yaiyalah, masa' makan?). Sialan ternyata airnya sisa sedikit banget. Dan kampretnya lagi, si Bimmo mau ikut gue mandi. Jadilah kami berdua dikamar mandi cuma pake kancut doang. Sumpah, itu seperti gay banget. Gue cuma mandi cebar cebur doang, dan terutama kaki gue yang dicuci.

Kami pun nyantai dan makan. Sambil santai, kami juga memikirkan gmana penampilan PENSI (Pentas Seni) kami nanti. Pas Technical Meeting, kami mendapat goyang oplosan dan boleh di aransemen. Kami berpikir gmana kalo cuma goyang oplosan dan gak diaransemen ? Dengan berbagai pendapat, akhirnya kami menyerah dan serahkan ke Tuhan -_-
Pas akan giliran kami, kami gugup banget. Kami undian 5, dan beberapa kali akan dipanggil dengan undian 15 putri, 15 putra, 5 putri. Untung nggak 5 putra. Kami mulai putus asa, dan mulai pasrah. Kavling lain malah bagus2 dan kocak. Sementara kami ? Bakalan garing.
Ehh, hari udah mulai menjelang malam banget, sekitar jam set 11 dan acara berakhir. Untungnya, Pensi kami ditunda sampe keesokan harinya. Kami langsung semangat dan mencari inisiatif lain.

HARI KETIGA, 14 JANUARI 2014

Gue kebangun waktu jam 1-an. Kenapa gue bangun ? Karena gue dengar dikamar mandi, kayak orang lagi mandi dan cebar cebur. Gue pertama mikir paling itu cuma khayalan gue, khayalan gue kan emang tinggi, ehh makin lama makin nyata. Kemaren sih kalo nggak salah gue airnya udah kering banget karena gue dan bimmo yang ngabisin. Gue sempet berpikir gmana kalo gue periksa kesana aja. Dan niat itu gue urungkan karena gue udah berpikir yang tidak2. Gue langsung nutup muka gue pake sarung terus tidur.

Subuhnya, gue dibangunin buat Sholat Shubuh. Ngebanguninnya nggak pake teriak sih, cuma diketuk doang pintunya. Dengan mata yang masih ngantuk pake banget, gue lawan tuh kantuk supaya bisa sholat. Kata orang, sholat itu lebih baik daripada tidur.

Abis sholat, gue kembali lagi ke penginapan, dan lagi, gue disuruh lagi keluar buat senam. Dan bukannya senam yang kami dapatkan, malah ceramah dari alumni yang jadi bahan makanan telinga kami. Sebenarnya sih gue nggak terlalu kesel kalo dinasehatin gitu, gue emang salah. Dan juga, apa sih susahnya cuma dengerin, sementara yang didepan ngomong panjang lebar ? Selesai diceramahi, kami diajak berkeliling kampung di Anjungan. Gue lebih seneng yang ginian. Udaranya seger banget, beda sama kampretnya udara kota, pagi2 aja udah ngirup udara Truk. Selain asyik, kami juga bersalam sapa dengan penduduk kampung tersebut, lumayan ramah sih, gue jadi betah. Jalannya rame2 pula.

Selesai keliling, kami disuruh sarapan pagi lagi. Abis sarapan pagi, entah kena kutukan, kaki gue kesandung, terus kuku kaki gue cantengan, kampreeeetttt . Terus acara selanjutnya VD Bulaga. Semacam Eat Bulaga di S*TV gitu deh, tapi yang buat peraturannya panitia. VD Bulaga buat yang Cowok, sementara Halang Rintang buat yang cewek. Halang rintang itu seperti Penjelajahan, tapi gamenya lebih asyik katanya. Gue ikut VD Bulaga dulu. Nggak ada seru2nya sih. Yang serunya paling tidur dilapangan sambil nunggu kavling lain selesai. Selain itu ada temen gue tidur, sampe ilernya kemana-mana.

Selesai VD Bulaga, kami kembali ke penginapan, bebas mau ngapain. Mau loncat tebing kek, mau nyelam kek, terserah. Yang pasti kita beristirahat. Lalu kami juga disuruh ngisi buku "Salam Kenal", dan disuruh ngisi kotak dengan tanda tangan kakak senior, terserah kakak senior ngasih tanda tangannya dengan syarat apapun. Dan itu sungguh memalukan terus memelahkan buat kami. Selain ngejar-ngejar kakak senior, kami juga harus mengantri buat dapet tanda tangan senior. Yaa, kakak senior kami serasa artis deh pada saat itu v^_^. Selain itu, syaratnya juga susah2 banget. Bukan hanya kakak senior, alumni, guru, dan pendamping juga harus dimintai tanda tangannya. Dan katanya, kalo 3 kotak masih kosong, dapet 1 seri, dan 1 seri itu harganya senilai 10 kali push up.

Gue nyerah di kotak 23. Sementara kotak yang masih tersisa sebanyak 39 kotak. Bayangin gue disuruh push up 130 kali. Lepas tangan gue terus dia lari kerumah gue di Pontianak, terus gue pake apa ntar ? Lalu gue disuruh ke Aula buat nampilin PENSI kami yang ditunda. Untungnya didalem itu sepi banget, jadi walaupun jogetnya kayak pocong kesurupan, tetep nggak terlalu malu. Dan kami pun bergoyang kalang kabut dibantu temen gue di kavling lain. Untung mereka tertawa, nggak sampe ngelempar kayu karena goyangan kami yang hot banget.

Lalu kami bermusyawarah buat nentuin siapa yang mau ikut Halang Rintang nanti. Temen gue Imam, Bimmo, Ajay , Ilyas udah pasti ikut halang rintang, sementara gue, Richard, dan Azam dengan berbagai alasan tidak mau ikut Halang Rintang. Sebenarnya sih gue mau banget, tapi kuku gue tadi cantengan. Masa ntar gue pincang waktu jalan terus gue terperosok, terus gue mati ? siapa yang mau ngasih makan anak istri gue ? Sementara Azam, dia takut kena air terus kedinginan. Gue aja kena air es aja nggak kedinginan kok, cuma menggigil aja. Richard ? Dia males ikut gituan. Sementara dia sehat wal'afiat. Lalu Richard lah yang dipilih buat ikut Halang Rintang. Gue sama Azam gmana ? si Azam tetap mencari tanda tangan, sementara gue tertidur pulas dikamar sendirian. Males minta tanda tangan, gue pasrah aja. Mau diapain kek, disuruh joget sampe pinggul gue pecah kek, gue nggak peduli.

Sesampainya mereka dipenginapan, gue juga bangun karena mereka ngetuk-ngetuk pintu. Awalnya gue pikir mereka ingin minta sumbangan buat masjid di pontianak, tapi gue hiraukan masalah itu. Mereka bilang Halang Rintang itu seru banget, banyak main di air, terus disuruh ngasih BATU CINTA ke orang yang kita sukai kecuali pacar sendiri. AARRRGGGHH, gue nyesel banget nggak ikut. Andaikan gue ikut, gue bakalan ngasih itu ke seseorang yang udah lama gue suka tapi dia udah punya pacar (ini serius lho). Sesudah itu, kami disuruh ikut ambil kayu bakar buat acara Malam Keakraban. Katanya sih bakalan ada api unggun yang gede banget, walaupun nggak sebesar api cintaku padamu sih #ciyeeeeeee.

Selesai ngumpulin kayu bakar, gue diizinin sholat maghrib berjamaah. Selesai sholat, kami harus menunggu sekian jam untuk siap2 api unggun. Mulai dari makan, istirahat, sampai boker pun udah gue siapin. Setelah menunggu sekian lama , akhirnya kami memulai acaranya. Dimulai dari Gladyresik upacara api unggun dahulu, dan itu ternyata lama banget. Dan akhirnyaaa upacara dimulai dengan menghidupkan api unggun yang gede banget. Sebenarnya sih buat gue yah, acara ini cukup asik, tapi karena saking ramenya, gue jadi ngantuk. Dan keselnya lagi, asep dan debu dari api unggun kena ke daerah tempat gue duduk. Kalo kelamaan disitu, bisa kena TBC gue karena ngirup abu kayu.

Dan kami pun tidur kembali seperti biasa.

HARI RABU, 15 JANUARI 2014

Yeaaahhhh, hari ini hari terakhir. Penderitaan gue nggak sia-sia selama disini. Dibangunin dengan paksa, disuruh cepat2, dan dimarah2in. Gue jadi lega karena hari ini hari terakhir kami Big Camp. Pertama, kami mulai dari senam pagi bersama, terus sarapan. Lalu dilanjutkan dengan siap2 untuk pulang. Naahh, disaat siap2in barang, gue jadi teringat lagi kenangan gue pas disini. Walaupun cuma sebentar, tapi gue pikir ini adalah kegiatan terhebat yang pernah gue ikuti. Melatih kedisiplinan, kemandirian, dan kekompakkan dalam tim. Gue jadi nyesel pernah bilang kalo ini adalah acara yang membosankan. Gue mau lebih lama lagi netap disini. Gue belum mau pulang ke Pontianak dan belajar seperti biasa. Disini lebih asyik dan seru.

Sambil siap2in barang, ketua sangga gue Bimmo, dipanggil buat brieving. Dan hasilnya adalah perwakilan dari kavling harus ada yang ngikutin Bhakti Lingkungan. Dan dia sendiri ngikutin Bhakti Sosial. Setelah pemilihan peserta Bhakti Lingkungan, yang terpilih adalah Gue, Ajay, dan Ilyas. Kegiatannya sih simple aja. Mungutin sampah anorganik disekitar penginapan sebagai rasa terima kasih kami kepada pihak BPLPP itu sendiri. Bhakti Sosial ? itu kegiatan yang ngasih sisa bahan makanan kami kepada warga sekitar.

Menurut gue sih, acara terakhir nggak begitu spesial, mungkin karena gue selalu teringat kenangan gue bersama Kavling 5. Makan bersama, nyanyi bersama, tidur bersama, dan banyak hal yang dilakukan dengan bersama2 sepanjang Big Camp. Kami pun terus siap2in barang dan akhirnya menuju ke Bus. Pertama gue naik bus yg B10, dan itu ternyata sempiiitttt banget, lebih sempit daripada pergi. Lalu senior nyuruh yg kavling 5 buat numpang di bis B12, dan YESSS, Bisnya sepi, lempong. Gue didekat jendela pula.

Yaaa, seperti mau pergi juga, nunggu barang bawaan gue juga ternyata cukup lama. Gue sempat tidur2an dilapangan sekolah sambil nunggu. Dan akhirnya gue pulang. Di rumah, adek gue ngingatin, "Bang, mana ceretnya?" Astagaaaa, gue lupa kalo ceret gue tinggalin dilapangan. Gue coba ngambilnya ternyata Emak gue perhatian banget. Dia nyuruh gue istirahat aja. Katanya biarin aja. Sebenarnya sih gue nggak rela tuh ceret hilang. Soalnya umurnya dirumah udah lama banget. Mungkin gue belom lahir, dia udah ada.

Naaahhh, itu pengalaman gue waktu Big Camp. Asal lo tau ya, gue nulisnya dari hari Jum'at dan selesainya baru hari ini. DAN ITU BELUM GUE CERITAIN YANG LEBIH RINCINYA. Pokoknya acaranya keren abis. Gue jadi nggak nyesel ikut gituan, walaupun awalnya nggak mau sih. Gue juga dapat pengalaman berharga disana. Belajar Disiplin, Tanggung Jawab, Kerjasama, Mandiri dan lain-lain. Mungkin CUMA itu yang bisa gue ceritain. Maaf untuk kesalahan katanya. Gue nggak bermaksud apa2 , gue cuma nyeritain dan gue juga seneng banget dengan acara ini. Untuk kakak2 Pramuka Vidya Dharmma, maaf kalo gue udah ngeselin kakak2. Terima Kasih juga buat Panitia, Alumni, Pendamping, Guru dan semua peserta.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb


3 komentar:

  1. Wah, cerita diatas banyak gak diceritain kk/abg kelas nih.....
    Jadi makin penasaran buat ikut bigcamp \^^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak kelas 10 ya? Jangan kasih tau yg lain ya. Ntar tau sendiri kok waktu Big Camp nya :)

      Hapus

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik