Sabtu, 18 Januari 2014

ROKOK

Kalo disini masih juga ada yang gak tau namanya ROKOK, GUE GAK BERANI BUNUH TUH ORANG. Tau kan seperti apa ? Rokok itu bentuknya pipih, panjangnya sekitar jari manis gue (gak tau kan?) atau mungkin panjangnya sekitar jari kelingking orang dewasa.

Rokok itu bahaya sob. Yang merokok juga dapet racun, yang ngirup asep rokok dapet racun juga, yang nyuruh matiin rokok dapet masalah sama si perokok. Kata orang "Merokok Mati, tidak merokok Mati." Iya sih bener, tapi coba lo pikir pake logika, Masa' orang yang udah Mati karena rokok bisa bilang seperti itu ? itu sangat tidak berperikejenazahan. Gue sempet mikir, kenapa orang-orang banyak yang merokok ? Kan mereka udah baca "Merokok dapat menyebabkan kanker bla-bla-bla." atau mereka pura-pura nggak baca supaya ntar kalo orang nanya "Lo udah tau ada tulisannya kenapa rokok bahaya, kenapa masih lo isep ?" mereka langsung menjawab "Oh, emangnya ada tulisannya yah ? gue gak tau nih . Aduh gmana donk ? Gue bingung nih .. O'emjiiiiiiiiiii." Lalu dia menjerit. Gue sekeluarga gak terlalu benci sih ama perokok, tapi
menghindari. Soalnya Bokap gue pernah cerita kalo merokok tuh nggak enak. Kalo udah kecanduan susah banget ngilanginnya. Untungnya bokap gue udah tobat menjadi konsumtor benda kotor tersebut. Berikut beberapa racun rokok :

TAR
Mengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan menyebabkan kanker. Noh, coba lo bayangin, kalo jadi kecanduan bisa berabe tuh. Kemungkinan terkena kanker (bukan kantong kering) lebih gede. Gak mau kan duit dan hidup lo dihabisin cuma buat ngobatin kanker?

KARBON MONOKSIDA (CO)
Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. Ini kalo gue gak salah sih yang ada di asep motor dan mobil lo. Gue gak tau rasanya misalnya lo hirup terus rokok sama aja lo ngisep terus asep kendaraan lo. 

NIKOTIN
Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.Bila lo berada di ruangan berasap rokok cukup lama, maka ketiga zat beracun di atas akan masuk ke paru-paru lo. Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Gue no comment lah buat yang satu itu.

Itu baru BEBERAPA, coba ulangi ! BEBERAPA racun yang ada disebatang rokok. Sisanya masih banyak banget mblooo. Gue gak habis pikir kenapa orang yang merokok menyebut dirinya keren. Bibirnya item, matanya agak merah. Itu yang dibilang keren ? atau habis ini bakalan ada trennya bibir item dan matanya merah. Ntar ada yang operasi lagi. Gue sih gak mau ya kalo misalnya ada tren gini2an. Biasanya makhluk ALAY nih yang konsumsi ginian. Mungkin menurut dia ini obat kali yah ? Obat ajaib, tiap 2 jam selalu isep. Gak ada overdosis lagi. Gue bingung.Nih, Manfaat nggak merokok menurut gue :

1. Duit lo nggak bakalan habis
Coba lo pikir, ngerokok, ngerusak kesehatan yang kalo kedokter biayanya bisa sampe 200rb, ngabisin duit buat beli rokok pula. Nih gue kasih perhitungan ke lo ya, misalkan 1 bungkus rokok harganya 12rb, dan sehari bisa ngabisin 2 bungkus rokok, jadi seharinya 24rb. Dikali sebulan, anggaplah sebulan itu 30hari, 24rb x 30 = Ayooooo, coba pikir ayooo 720rb sebulan. Kalo lo ngerokok udah 3 tahun, coba 720rb dikali 24 = Rp. 1.728.000,- belom lagi misalkan tiap 3 bulan sekali lo periksain kesehatan lo ke dokter, andaikata 3 dokter lah, jantung, paru-paru, sama periksa darah, mungkin sekali periksa bisa sampe 400rban, dan kalo setahun 400rb dikali 3 = Rp.1.200.000. Lo tambahin deh jadinya Rp. 2.928.000 .. GILA, BISA BELI HP BARU LO SOB !!!

2. Kesehatan lo nggak bakalan terganggu
Yaiyalah, lo nggak ngisep racun tiap hari. Kalo lo ngisep tuh benda sampe lo kecanduan, bahaya banget tuh. Kata orang sih kalo sekali nyoba, bakalan terus ketagihan. Tapi kok kenapa gue coba rokok sebatang nggak ketagihan yah ? rokoknya keras, bisa dimakan, terus rasanya kayak permen gitu. Mungkin hanya Tuhan yang tahu -___- Selain kesehatan lo nggak terganggu, orang disekitar lo juga nggak bakalan terganggu kesehatannya.

3. Orang Tua Lo bakalan Bangga ama lo
Orang tua bakalan bangga jika lo nggak masuk kedalem pergaulan perokok ini. Kenapa, karena mungkin bapak lo juga mantan perokok. Orang tua perokok aja biasanya ngelarang anaknya merokok. Apalagi yang nggak ngerokok. Emak gue bilang kalo gue ngerokok sebatang doang, dia bakalan beliin gue rokok 1 pak besar dan itu harus diselesaikan dalam waktu 1 jam. Gila, bisa langsung TBC gue gara2 kebanyakan asep di paru2 gue.

Mungkin segitu aja manfaatnya menurut gue. Mungkin lo ada pendapat lain selain gue. Silahkan, gue nggak ngelarang. Negara kita nih kan negara demokratis (tapi kok pemerintahnya nggak demokratis ya?)
Gue saranin aja ke lo sob, ngerokok itu nggak baik, buat dosa pula. Masa badan lo udah dosa isinya mau diisi dosa lagi ? Mengapa dosa peb ? Lo ngisep rokok bekas mulut lo, terus lo bagiin tuh asep ke orang laen, kan buat orang bisa mati ehh, sakit maksudnya. Kalo yang kena lo sendiri sih nggak masalah, sampe lo kejang2 pun gue kagak peduli, asal jangan libatkan orang lain. Nggak mau kan lo gara2 ngerokok bisa masuk neraka ? Hati2 buat lo yang perokok aktif, udah mati gara2 rokok, masuk neraka gara2 merokok pula. Gue saranin berhenti merokok deh lo.
Udah yah, mungkin sampe disini aja, ntar gue posting gmana caranya ngadepin perokok juga cara ngindari merokok.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca Yang Baik akan selalu memberi komentar yang baik